Minggu, 14 Agustus 2011

Basic Engine Diesel

Sebagian besar product engine pada alat berat adalah menggunakan engine diesel 4 langkah, Diesel power digunakan karena dapat menghasilkan tenaga yang besar. dalam penjelasan berikutnya adalah pengenalan apa saja alat alat yang terdapat pada Engine Diesel.

  • CYLINDER BLOCK
Block merupakan komponen sangat penting, disamping sebagai tempat penyimpan tenaga, block juga berfungsi sebagai tempat terikatnya sebagaian besar komponen pada mesin. block ini sangatlah kuat, mengingat hasil gaya, tekanan, panas dan berat yang akan di terima oleh cylinder block ini.

Jenis cilynder terbagi dalam dua, yakni
  1. In-Line (atau lubang liner pada cylinder adalah sejajar
  2. V-Engine (gambar diatas) adalah penyusunan liner yang membentuk huruf "V"

  • CYLINDER LINER
Gambar di atas merupakan komponen yang terletak dalam lubang cylinder (lihat gambar cylinder).
kegunaan dari liner ini adalah sebagai rumah pemandu gerakan piston, membentuk ruang bakar & dapat menyerap panas (hasil pembakaran) karena pada dinding liner terdapat saluran pendinginan mesin.

Terdapat juga Liner yang langsung menyatu dengan cylinder block.


  • PISTON
Berfungsi sebagai pemindah gaya hasil pembakaran. dalam penggunaannya Piston juga terdapat dalam beberapa jenis konstruksi.

  1. Cast Alumunium Crown  dengan Iron band  untuk kompresi ring dan forged alumunium skirt yang di las secara electron beam.
  2. Composite, dimana steel crown dan alumunium skirt diikat dengan baut guna menjadi satu
  3. Two-pieces articulated, berupa gabungan forged steel crown dengan pin bore dan bushing dan cast aluminium skirt terpisah, digabung bersama-sama oleh wrist pin.
  4. Cast aluminium piston tunggal dengan iron band untuk tempat piston ring. Model ini merupakan model yang paling umum.


  • RING PISTON

Setiap piston memiliki dua ring piston atau lebih yang terletak pada groove piston. fungsi utamanya ada 3:

  1.  Menyekat ruang bakar
  2.  Mengatur pelumasan untuk dinding cylinder
  3.  Mendinginkan piston dengan memindahkan panas yang dihasilkan pada saat pembakaran.

dari jenis nya, terdapat dua jenis ring piston

  1. Compression ring atau ring kompresi yang berfungsi menyekat bagian bawah ruang pembakaran dengan cara mencegah agar tidak ada gas yang bocor melewati piston.
  2.  Oil ring atau ring oli yang berfungsi mengatur oil film pada dinding cylinder saat piston bergerak naik turun untuk meminimalkan keausan pada liner, piston dan ring. Oil control ring memiliki expander spring yang membantu mengatur oil film.

Setiap ring memiliki lapisan yang keras agar tahan lama. Setiap ring piston mempunyai celah antara kedua ujung ring. Untuk mencegah kebocoran, penempatan celah pada ujung setiap ring ini tidak boleh disusun sebaris.


  • CONNECTING ROD



Connecting rod menghubungkan piston dengan crankshaft dan memindahkan gaya hasil pembakaran ke crankshaft.

Bagian-bagiannya terdiri dari:

  1. Rod eye, gudgeon-end atau small end sebagai penahan piston pin bushing
  2. Piston pin bushing. Bushing merupakan jenis bearing yang men-distribusikan beban dan dapat diganti bila aus.
  3. Shank adalah bagian connecting rod antara small dan big end, berbentuk I-beam yang kuat dan kaku.
  4. Crankshaft journal bore dan cap terletak pada bagian ujung besar (big end) connecting rod. Komponen ini membungkus crankshaft bearing journal dan mengikatkan connecting rod ke crankshaft.
  5. Bolt dan nut rod mengunci rod dan cap pada crankshaft, disebut crank end atau big end dari connecting rod.
  6. Big-end bearing connecting rod terdapat pada crank-end. Crankshaft berputar didalam bearing connecting rod, yang membawa beban. Connecting rod memindahkan gaya hasil pembakaran ke crankshaft dan merubah gerakan naik turun menjadi gerak putar.

Connecting rod merupakan besi tempa yang dikeraskan dan di-shot peen untuk membuang tegangan. Ujungnya dirancang tirus untuk memberikan tambahan bidang kontak antara pin dengan bore saat langkah tenaga. Ini menghasilkan kekuatan dan ketahanan ekstra dari piston dan rod assembly.


  •  BEARING CONNECTING ROD


Bearing connecting rod bagian atas terpasang pada connecting rod dan disebut upper half shell. Setengah bagian lainnya terpasang pada cap dan disebut lower half shell. Normalnya upper half shell menahan beban lebih besar. Locating lug merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari bearing shell dan digunakan untuk memastikan bearing duduk dengan benar pada connecting rod ataupun cap.


  • CRANKSHAFT


Crankshaft terbuat dari baja karbon tempa (carbon steel forging) yang seluruhnya dikeraskan.

Big end dari connecting rod memutarkan crankshaft, yang terletak pada bagian bawah engine block. Crankshaft memindahkan gerak putar ke flywheel dan lainnya (clucth, transmission dan lain-lain) dan memberikan tenaga yang cocok untuk kerja.

Crankshaft untuk in-line engine umumnya mempunyai satu connecting rod bearing journal untuk setiap cylinder, sedangkan pada V-engine pada setiap connecting rod bearing journal menangani dua buah cylinder

Connecting rod bearing journal menentukan posisi piston dan kapan piston tersebut berada pada posisi titik mati atas (top dead center)

Beberapa connecting rod bearing journal mempunyai lightening hole (lubang peringan) untuk mengurangi berat dan membantu keseimbangan crankshaft.

Crankshaft memiliki lubang oli untuk mengalirkan oli dari main bearing journal menuju connecting rod journal bearing. Saluran-saluran ini tertutup pada salah satu ujungnya menggunakan cup plug atau set screw.

Counterweight digunakan untuk membantu menyeimbangkan crankshaft dan mengurangi vibrasi (getaran) saat engine berputar. Counterweight dapat menjadi satu dengan crankshaft ataupun terpisah dan diikat dengan baut dengan crankshaft.

Main bearing menyangga crankshaft pada block dan sejajar antara satu dengan yang lainnya.


  •  VIBRATION DAMPER
  Vibration damper merupakan suatu komponen yang meniadakan getaran puntir atau torsional vibration yang disebabkan oleh variasi gaya (biasanya dari sekitar 3 sampai 10 ton (2.724 sampai 9.080 kg) pada piston dan setelah crank. Torsional vibration merupakan gaya berirama (rhythmic force) yang terjadi pada antara dua langkah tenaga. Hilang-timbulnya gaya pada crankshaft menyebabkan crankshaft terpuntir secara bergantian. Bila pengukuran tidak dilakukan untuk mencegah hal ini, bunyi engine akan kasar dan crankshaft akan patah


ada 2 jenis Vibration Damper:

  1. Rubber damper menggunakan karet untuk menyerap vibrasi.
  2. Viscous damper menggunakan oli berat dan free-floating steel ring untuk menyerap vibrasi.
      
  •  FLYWHEEL
 

Flywheel terdiri dari:

  1. Flywheel
  2. Ring gear, yang terdapat disekeliling flywheel dan digunakan untuk men-start engine
  3. Flywheel housing

Fungsi merupakan penghubung antara engine dan beban. Flywheel diikat pada bagian belakang crankshaft. Crankshaft memutar flywheel pada langkah tenaga, dan momentum pada flywheel membuat crankshaft berputar dengan halus selama terjadinya 3 langkah lain pada setiap cylinder pada engine ber-cylinder banyak.

Flywheel juga berfungsi untuk:

  1. Menyimpan tenaga untuk momentum diantara langkah tenaga.
  2. Meminimalkan goyangan torsional atau rotational pada crankshaft
  3. Memindahkan tenaga ke machine, torque converter, beban atau peralatan transmissi lainnya.


  • CAMSHAFT

Camshaft terbuat dari alloy steel khusus yang ditempa dan dikeraskan agar handal dan tahan lama. Camshaft gear dipanaskan dan di press pada saat pemasangannya. Seluruh camshaft memiliki bearing journal dan lobe untuk setiap atau sepasang valve dan fuel injector.

Camshaft mengatur proses buka dan tutup intake dan exhaust valve dan pada beberapa aplikasi, juga mengatur fuel injector. Komponen ini dinamakan camshaft karena lobe-nya berbentuk telur atau cam. Saat camshaft berputar, cam akan bergerak naik-turun, menekan cam follower dan komponen valve train untuk membuka dan menutup valve engine. Pada saat cam diatas, valve akan membuka penuh.




                                                                                                               Semoga Bermanfaat 

4 komentar:

  1. I think this is the best post for Engine structure i have ever seen thanks for sharing it's much helpful for me to fix my Backhoe loaders for sale

    BalasHapus
  2. The biggest advantage of the diesel engine is seen in the fact that the fuel is much more economical. The diesel engine gives a lot more than the gasoline engine for much reduced costs. There is an approximate advantage of using diesel of as much as 30% at times. There is less fuel consumed for the same task and you therefore do not have to refill your tank as often.

    diesel engine parts distributor

    BalasHapus
  3. makasih infonya,,
    sangat menarik dan bermanfaat,,
    mantap

    BalasHapus
  4. Cara buka poli engkol as skrub pada mesin alat berat hitachi bagaimana boss

    BalasHapus