Kamis, 18 Agustus 2011

System Pelumasan (oli)

Karena terjadinya kontraksi antar komponen didalam mesin, maka perlunya sebuah pelicin yang mampu menjadi pembersih, pendingin dan penyekat diantara komponen tersebut, maka lahirlah sistem pelumasan atau yang dikenal dengan kata *oli*

  • Cara Kerja
Oli ditampung dalam sebuah tangki, yang pada saat mesin hidup, oli akan di sedot oleh pompa dan disemprot atau dialirkan ke seluruh rangkaian gerak pada mesin. dengan terus berkembangnya technologi, maka terdapat pula macam macam jenis pelumasan dengan kekentalan dan ketahanan pada suhu tertentu.

  • Komponen Pada System Pelumasan 
1.  Oil Pan atau Sump 

 ini merupakan penampungan untuk oli, yang letaknya ada di bagian paling bawah mesin

2.  Oil pick up tube & Suction Bell

 pick up tube ini bentuknya seperti pipa yang berfungsi sebagai saluran penyedot untuk oli.
suction bell ini adalah saringan yang melarang kotoran besar yang akan masuk ke saluran.

3.  Oil Pump

pompa oli, komponen inilah yang bertugas memompa oli ke seluruh rangkaian pada mesin.

 4. Bypass & Relief Valve

bypass merupakan sebuah pintu saluran yang berfungsi ketika saluran pada saringan terjadi buntu.
relief berfungsi hampir sama dengan bypass, namun pada relief valve, oli akan di ijinkan jalan melewati
saluran jika tekanan aliran oli didalam system telah melewati batas yang di ijinkan.

5.  Oil Cooler

Oil cooler adalah tempat proses pendinginan oli, seperti radiator yang mendinginkan air, pada alat berat terdapat komponen khusus yang mendinginkan oli. setelah terdinginkan maka oli akan kembali ke Oil tank.


semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar