Senin, 15 Agustus 2011

Product produksi Caterpillar

  • MOTOR GRADER


Merupakan salah satu peralatan earthmoving yang dapat dipergunakan untuk melakukan pekerjaan pada berbagai aplikasi, namun juga sangat tergantung pada keahlian operator. Motor grader dipergunakan pada pekerjaan pembangunan, perawatan, pembuatan ulang jalan dengan kualitas yang baik, selain itu juga dipergunakan untuk pembuangan salju.

  • SKID STEEL LOADER
Dipergunakan pada pekerjaan konstruksi bangunan, pertamanan dan pertanian. Skid Steer Loader dapat dipasang berbagai work tool mulai dari memindahkan material hingga memecah beton. Pada umumnya skid steer loader berjalan dengan roda, tetapi ada juga yang menggunakan track yang selanjutnya disebut sebagai Multi Terrain Loader.



  • EXAVATOR


Berdasarkan ukuran dan aplikasi machine, excavator dikelompokkan menjadi sebelas kelompok yang terdiri dari :

1.     Mini Excavator
2.     Small Excavator
3.     Medium Excavator
4.     Large Excavator
5.     Wheeled Excavator
6.     Material Handler
7.     Ultra High Demolition
8.     Long Reach Excavation
9.     Ditch Cleaning 
10.  Stright Boom
11.  Front Shovel


  • BACKHOE LOADER


Bagian depan dilengkapi dengan bucket dan berfungsi sebagaimana loader dan bagian belakang dilengkapi dengan perlengkapan yang sama dengan yang digunakan pada excavator.

Pekerjaan yang dilakukan diantaranya untuk penggalian parit sempit sebelum meletakkan pipa atau menggali parit untuk pondasi bangunan, mengisi material ke dalam truk atau jenis alat pengangkut lain, penggalian untuk memindahkan material dari suatu area dan menempatkannya ke tempat lain, memindahkan material ditempat pembuangan, mengambil Lumpur, meratakan material, mengangkut material dan pasir dari sungai, mendorong material dan berbagai pekerjaan lainnya. Pekerjaan tersebut diatas tergantung pada worktool yang digunakan.
Seat compartment untuk operator pada backhoe loader dapat diputar 180 derajat, sesuai dengan implement yang akan digunakan atau jenis pekerjaan yang dilakukan.

  • SKIDDER

   
Selain dapat digunakan untuk menarik batang kayu bisa juga digunakan untuk mengupas tanah ataupun meratakan tanah. Dibagian depan unit ini dilengkapi dengan blade yang bisa digunakan untuk pekerjaan dozing. Metode pengangkutan kayu bisa menggunakan attachment seperti grapple ataupun dengan winch. Penggerak akhir pada skidder dapat berupa ban (wheel skidder) ataupun track (track skidder).

  •  WHEEL TRACKTOR SCRAPER

Dipergunakan pada pekerjaan dengan jarak pemindahan material yang dekat. Pemuatan, pembuangan dan penyebaran material dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan machine lainnnya dalam waktu yang relative cepat.

  • OFF HIGHWAY TRUCK (OHT)



Merupakan kelompok hauling unit mengangkut material dari load area ke dump area, menuangkannya dan kembali kosong untuk mengambil muatan baru.

Dipergunakan pada aplikasi pertambangan dan konstruksi dengan kehandalan dan kapasitas angkut yang tinggi


  • ARTICULATED  TRUCK

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap truck alat angkut yang dapat beroperasi pada kondisi medan yang ekstrim baik itu basah ataupun kering. Umumnya Articulated truck dipergunakan pada pekerjaan konstruksi, pembangunan jalan, pertambangan dan pembuangan sampah. belok menggunakan leher, bukan roda. jadi walaupun di medan yang sempit dapat berputar dengan baik.
  • WHEEL DOZER

Wheel Dozer digunakan untuk menyebarkan material, mempersiapkan tempat kerja, membuat jalan, merobohkan pohon dan membuang gundukan tanah.  Machine ini dapat juga dipergunakan untuk membuang salju dan lapisan yang gembur seperti batubara pada tempat penampungan sehingga peralatan yang menggunakan roda dapat bekerja lebih efisien.


  •  TRACK TYPE LOADER

Merupakan mesin yang paling cocok untuk memindahkan material hasil penggalian ringan, tumpukan material dan material hasil peledakan. Kegiatannya disebut sebagai “load and carry (“mengisi dan mengangkut”). Track loader, karena kecepatannya yang lambat, umumnya memindahkan material kurang dari 100 m (300 ft.). Track loader yang dipasang multi purposes bucket dapat berfungsi serbaguna selain memuat material juga dapat mendorong material dan meratakan tanah.   

  • WHEEL LOADER & INTEGRATED TOOL CARRIER
Wheel loader dan integrated toolcarrier dipergunakan pada konstruksi bangunan, industri kehutanan, konstruksi berat dan industri pertambangan karena dapat melakukan berbagai macam pekerjaan.

Berdasarkan ukuran machine, wheel loader dan Integrated Tool Carrier dikelompokkan menjadi empat kelompok utama yang terdiri dari :

1.     Compact Wheel Loader
2.     Small Wheel Loader
3.     Medium Wheel Loader
4.     Large Wheel Loader 


  •  TRACK TYPE TRACTOR 

Ketangguhan Track Type Tractor menjadikannya pilihan yang populer untuk menyebarkan material, mempersiapkan tempat kerja, membuat jalan, merobohkan pohon dan membuang gundukan tanah. Machine ini dapat juga dipergunakan untuk membuang salju dan lapisan yang gembur seperti batubara pada tempat penampungan sehingga peralatan yang menggunakan roda dapat bekerja lebih efisien. Track Type Tractor juga dapat bekerja pada segala jenis  kondisi cuaca.


  •  TELEHANDLER
  
 

Dilengkapi dengan quick-coupler yang dapat dipasang berbagai work tool mulai dari memindahkan material, mengangkat material, membawa material hingga pemasangan pipa yang umum pada pekerjaan konstruksi bangunan.
  
Ketika mengangkat atau membawa material, telescopic boom pada telehandler dapat memanjang untuk menjangkau tempatyang diinginkan.

  • ASPHALT PAVER
Merupakan unit caterpillar yang khusus digunakan untuk pembuatan jalan raya (aspal), perbaikan dan pelapisan jalan dengan aspal, bisa juga digunakan untuk memberi lapisan aspal pada area parkir.  Unit ini ada yang menggunakan wheel dan track untuk bergerak.  
 


  •  FOREST MACHINE


Forest Machine dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan logging, tergantung pada attachment yang dipasang. Mulai dari pekerjaan menebang kayu, mengupas dan memotong hingga memindahkannya ke unit yag lain untuk diangkut. Forest Machine pada dasarnya merupakan excavator yang dipasangkan worktool untuk forestry.




  •  CHALLENGER


Sebagian besar industri pertanian di Amerika meggunakan unit ini untuk mempercepat proses pekerjaan mereka, mulai dari proses membajak tanah sampai dengan proses panen. Challenger bekerja dengan cara menarik worktool yang terpasang pada bagian belakangnya. Jenis pekerjaan yang dapat dilakukan challenger tergantung pada jenis worktool yang terpasang. 
  •  COLD PLANNER
Digunakan untuk proses perbaikan jalan raya atau aspal. Pada proses pembuatan aspal, Cold Planner dapat mengupas asphalt lama dan kemudian dapat langsung ditampung ke sebuah truck, selain itu ia juga dapat mempersiapkan aspal yang baru.
  •  COMPACTOR 
Digunakan untuk proses pemadatan, baik untuk pemadatan sampah, tanah maupun aspal. Landfill Compactor dan Soil Compactor dilengkapi dengan sebuah blade sehingga dapat meratakan sampah atau tanah yang akan dipadatkan. 
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar