Minggu, 21 Agustus 2011

System Pemasukan & Pengeluaran Udara

Pada engine engine Diesel, sangat diperlukan pemasukan udara yang banyak serta pengaturan pengeluaran yang lancar atau seminimal mungkin mendapat hambatan pada saat proses pengeluaran gas buang. barulah dikatakan efisien jika ke 2 proses tersebut lancar dan sedikit hambatan.


System Pemasukan Udara

ada macam proses pemasukan bahan bakar pada diesel engine

  1. Natural Asprated yaitu proses pemasukan bahan bakar secara alami, atau hanya mengandalkan kekuatan hisap daripada piston 
  2. Turbo Charger Aftercooler yaitu proses pemasukan bahan bakar yang dibantu oleh sebuah alat yang bernama turbo. turbo ini seperti kipas angin namun memiliki dua sisi, yang mana salah satu sisinya digerakkan oleh hasil pembakaran atau gas buang, sedangkan sisi lainnya berfungsi sebagai kompressor yang memompa udara masuk ke ruang bakar
          Turbo sendiri terbagi dalam dua jenis:
  • Turbocharge (udara tidak didinginkan dan langsung masuk ke ruang bakar)
  • Turbocharge Aftercooler (Turbo yang udaranya didinginkan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar). 
ada 3 jenis Turbo Aftercooler
  1. Air to Air Aftercooler (udara yang didinginkan oleh udara)
  2. Jaket Water Aftercooler (pendingin yang memiliki ruang sirkulasi sendiri dalam block cylinder)
  3. Separate Circuit Aftercooler (ruang sirkulasinya sendiri terletak di luar cylinder)
                  

Komponen Komponen System Pemasukan Bahan Bakar

  1. Pre Cleaner (pembersih awal) bertugas menyaring kotoran yang kasar yang hendak masuk bersama udara ke ruang bakar
  2. Air Filter (saringan udara) bertugas menyaring kotoran halus yang hendak masuk bersama udara ke ruang bakar
  3. Turbocharger bertugas, memompa udara menuju ke ruang bakar
  4. Intake Manifold bertugas sebagai saluran masuknya udara
  5. Aftercooler bertugas sebagai pendingin udara sebelum masuk ke ruang bakar
  6. Exahust Manifold bertugas sebagai saluran gas hasil pembakaran
  7. Muffler & Connecting Pipe (kenalpot) bertugas sebagai peredam suara dan pemulus aliran gas keluar dari system engine

          semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. gan minta penjelasan mengenai aftercooler dong.. kan klo dibuku yg pernah aku baca dapat mendinginkan suhu udara yang tadinya mencapai 150-160 C menjadi 130C padahal suhu engine aja 70-90C mohon penjelasannya

    BalasHapus